Cara Mengatasi Android Bootloop / Tidak Mau Start

Cara Mengatasi Android Bootloop / Tidak Mau Start – Biasanya, ketika seorang pengguna perangkat Android melakukan kostum pada ROM atau mengganti firmware, terjadi banyak kesalahan yang membuat Android Bootloop. Hal ini sebenarnya bukan sesuatu yang baru, karena biasanya orang-orang yang mengerti mengenai perangkat komunikasi akan mencoba banyak firmware baru yang tersebar di pasaran. Namun begitu, hal biasa, seperti rooting, mods dan retas tetap bisa menyebabkan sesuatu yang sangat fatal. Bahkan tidak sedikit Android bootloop yang menyebabkan perangkat menjadi rusak permanen. Oleh sebab itu, jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, beberapa cara mengatasi Android bootloop di bawah ini mungkin dapat mengatasinya.

Cara Mengatasi Android Bootloop

Cara 1: Setelah melalukan flashing atau instalasi firmware resmi

  1. Anda dapat mengeluarkan baterai dari perangkat, setelah itu tunggu hingga kurang lebih 1 menit. Selanjutnya Anda dapat memasang dan menghidupkannya kembali.

Jika baterai perangkat Android Anda tidak bisa dilepas (non-removable), maka Anda dapat menonaktifkan ponsel atau tablet tersebut selama 5 menit atau lebih. Cara ini sebagai langkah cepat untuk menurunkan daya yang tersisa pada perangkat Android tersebut.

  1. Setelah siap, Anda bisa boot atau mengubah perangkat ke recovery mode. Caranya berbeda-beda setiap merek perangkat, namun biasanya menggunakan tombol shortcut yang relavan.

Jika Anda menggunakan ponsel buatan Samsung, maka biasanya Anda hanya perlu menekan tombol volume atas, home dan power secara bersamaan. Jika perangkat Samsung yang Anda gunakan adalah tablet, maka Anda tinggal menekan tombol volume atas dan power.

Jika Anda menggunakan ponsel atau tablet buatan HTC, maka Anda dapat melakukan boot ke HBOOT dengan menekan tombol volume turun dan tombol daya (power) bersama-sama. Setelah itu, Anda bisa menjelajahinya menggunakan tombol volume atas atau bawah.

  1. Jika perangkat sudah masuk ke mode recovery, Anda akan disuguhkan dengan beberapa menu. Cobalah untuk memilih opsi “Wipe Data/ Factory Reset”.
  1. Selanjutnya Anda harus memeriksa apakah perangkatnya sudah dapat di boot ke ROM atau firmware. Jika belum, maka Anda harus melakukan “Wipe Cache Partition”.
  1. Jika sudah, kembali ke menu utama recovery, setelah itu lakukan reboot pada perangkat dengan cara menekan tombol “Reboot System Now”.

Cara 2: Setelah melakukan flashing atau instalasi ROM baru

  1. Pertama-tama Anda harus menginstal ClockworkMod Recovery (CWM).

Unduh: https://www.clockworkmod.com

  1. Seperti cara pertama, lepaskan dahulu baterai hingga 30 detik. Setelah itu masukkan kembali ke perangkat.
  1. Lakukan boot perangkat ke CWM Recovery. Caranya dengan menekan tombol volume atas, home dan power secara bersama-sama. Perlu diingat, perangkat dengan merek lainnya mungkin memiliki kombinasi tombol yang berbeda.
  1. Setelah keluar menu recovery, Anda bisa memilih opsi “Advanced” > “Wipe Dalbik Cache”. Setelah itu lakukan Lap/ Cache yang berada di bawah opsi “Mount & Storage”.
  1. Jika sudah, Anda dapat me-reboot perangkat dan memeriksa apakah masalah Android bootloop sudah terselesaikan. Jika masih tidak bisa, mungkin Anda harus menggunakan hak akses file. Ada banyak tersebar kode-kode hak akses di dunia maya, namun jika digunakan oleh orang awam yang tidak mengerti mengenai program Android OS, maka bisa jadi perangkat menjadi rusak permanen. Bahkan bagian softwarenya tidak lagi bisa digunakan.
loading...
Cara Mengatasi Android Bootloop / Tidak Mau Start | Wawan Setiawan | 4.5